Jumat, 31 Agustus 2012


AYAT-AYAT ORANG BERAKAL

Hanya orang-orang yang berakallah yang diberi amanah Tuhan untuk memenuhi syariatnya,mengatur ,memakai dan memelihara alam semesta.Akal merupakan software yang sangat fital dalam tubuh manusia,karena dengan dia kita dapat menimbang,memilah dan memilih mana yang bermanfaat bagi manusia. Berikut saya sajikan ayat-ayat Al-Qur”an tentang orang-orang berakal.

1.Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran, (Q.S.13.19)

2.Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya  malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,(Q.S.3.190)

3.Dia-lah yang menurunkan Al Kitab  kepada kamu. Di antara  nya ada ayat-ayat yang muhkamaat , itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain  mu-tasyaabihaat . Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran  melainkan orang-orang yang berakal. (Q.S.3.7)

4.Allah menganugerahkan al hikmah  kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran . (Q.S.2.269)

5.Dan sesungguhnya Kami  tinggalkan  daripadanya  satu  tanda  yang  nyata  bagi orang-orang yang berakal.(Q.S.29.35)

6.dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya;  dan pada perkisaran angin terdapat tanda-tanda  bagi kaum yang berakal.(Q.S.45.5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar